9 Tips Presentasi Menarik dan Baik Bagi Mahasiswa Baru

9 -tips-presentasi-menarik-dan-baik-bagi-mahasiswa-baru
Presentasi di kelas

9 Tips Presentasi Menarik dan Baik Bagi Mahasiswa Baru - Penyampaian materi pada saat sekolah didominasi dengan ceramah. Sedangkan di perguruan tinggi, mahasiswa yang menjadi pusat pembelajaran, yaitu dengan presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi. Presentasi bagi mahasiswa diibaratkan sebagai makanan khas yang harus selalu ada dalam meja makan perkuliahan. Berikut ini adalah Tips Presentasi Menarik Mahasiswa Baru.

9 Tips Presentasi Menarik dan Baik Bagi Mahasiswa Baru

Bagi mahasiswa baru, presentasi masih bisa dibilang asing, karena tidak semua mahasiswa yang pada saat menjadi siswa pernah melakukan presentasi. Lantas apa yang harus dilakukan mahasiswa baru ketika akan melakukan presentasi perkuliahan? Kita akan bahas satu persatu dalam artikel ini.

Presentasi apapun menurut saya memiliki dua aspek penting agar menjadi menarik, baik, dan benar. Aspek yang pertama adalah persiapan sebelum presentasi (prepare), dan yang kedua adalah ketika presentasi (show). Kita akan bahas per aspek agar presentasimu bisa lebih baik dan menarik.

Prepare Presentasi

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar presentasi kamu menjadi menarik dan baik, yaitu sebagai berikut:

Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Dalam presentasi perkuliahan, buatlah makalah yang sesuai dengan materi kelompokmu. Yang menjadi acuan dalam pembuatan makalah ini adalah RPS (rencana pembelajaran semester). Biar lebih maksimal dalam membuat makalah, ada baiknya kamu menurut kepada pedoman penulisan yang sesuai dengan perguruan tinggi tempat kamu kuliah. Pedoman penulisan di setiap perguruan tinggi berbeda. Istilah ini biasanya disebut dengan gaya selingkung.

Kemudian jangan melakukan copy/paste, lebih baik membuat makalah sendiri, dengan begitu kamu menulis makalah sekaligus membaca. Dari situ kamu menjadi paham apa yang akan dibicarakan dalam presentasimu nantinya.

Dan dalam RPS sudah tertera pustaka-pustaka yang relevan dengan mata kuliah, jadi usahakan cari referensi sesuai  dengan yang ada di RPS. Jika tidak punya atau mencari ebook-nya tidak ada, kamu bisa browsing.

Bacalah: 5 Tips Bagi Mahasiswa Baru dalam Beradaptasi

Membuat PPT (Slide Presentasi) Yang Menarik dan Simpel

Setelah kamu membuat makalah, lanjutkan dengan membuat PPT (power point). Buatlah PPT yang simpel, jangan terlalu banyak slide, karena akan mempengaruhi kualitas presentasi dan antusias audiens. PPT yang menarik berupa slide-slide yang bisa membuat audiens (teman-temanmu) betah dengan apa yang kamu tampilkan.

Sekali lagi jangan terlalu ribet dalam membuat PPT. Di dalam makalah sudah ada penjelasan secara universal. PPT (namanya saja power point) berisi poin-poin yang akan disampaikan. Jadi semisal dalam satu slide, tulis teks simpel yang merupakan poin, kemudian untuk penjelasan utuhnya kamu tidak perlu melihat slide lagi, kamu tinggal memaparkan agar poin yang tertera dalam PPT bisa dipahami oleh audiens.

Mencermati Kembali Materi

Tidak cukup dengan makalah dan PPT, kamu perlu membaca ulang serta memahami apa yang akan kamu dan kelompokmu sampaikan nantinya. Kembangkan bahasa yang ada dalam makalah agar kamu dan kelompokmu dapat subyektif dalam berargumentasi, tidak sekedar mengacu pada referensi.

Diskusikan

Jika kamu sedang presentasi individu, diskusikan materi yang akan kamu presentasikan dengan mahasiswa lain yang paham terkait materi tersebut. Sebenarnya walaupun diskusi bersama mahasiswa yang lain jurusan itu sah-sah saja, karena bisa jadi akan ada perspektif berbeda dari mereka, sehingga menambah wawasanmu dalam berargumentasi.

Jika kamu akan presentasi kelompok, diskusikan materi dengan kelompokmu. Bagi poin-poin yang disampaikan kepada seluruh kelompok, jika moderator dari kelompokmu berarti kecuali moderator. 

Jika moderator dari kelompok lain, berarti pembagian presentasi kepada seluruh anggota kelompok. Bahas satu per satu poin sampai menemukan satu titik persamaan dalam diskusi, itu yang nanti akan dibawa atau disampaikan pada saat presentasi.

Bacalah: Tujuan Organisasi Secara Umum Serta Alasan dan Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus

Saat Presentasi

Setelah prepare presentasi, kita masuk kepada ketika presentasi (show). Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam sebuah presentasi yaitu sebagai berikut:

Kesan Menarik Berada Pada Awal Pembuka Presentasi

Sebuah kesan indah ataupun menarik tergantung kesan awalnya, begitupun dengan sebuah presentasi. Presentasi akan dinilai menarik terlebih dahulu ketika pembukanya menarik. Jadi, jangan sesekali membuat kesan membosankan dalam sebuah presentasi ketika di awal, ini berdampak kepada sepanjang perjalanan presentasi.

Berikan salam kepada teman-temanmu, perkenalkan dirimu ataupun anggota-anggota kelompokmu. Jangan langsung to the point untuk menyampaikan, tapi sampaikan gambaran besar tentang materi yang akan kamu sampaikan.

Berikan sedikit lelucon ilmiah agar sebelum mendengar presentasimu, audiens merasa tergugah dan antusias dalam presentasimu dengan mendengarkan sampai selesai.

Pakai Body Language Yang Tepat dan Jangan Kaku

Audiens tak segan-segan akan bermain gadgetnya ketika presentasimu membosankan, jadi dalam menyampaikan materi pakai bahasa tubuh yang tepat dan tetap santai dalam menyampaikannya.

Presentator yang kaku akan membuat kaku pula audiens-nya, jadi fleksibilitas penyampaian materi dalam presentasi sangat diperlukan. Jangan sampai hanya karena kekakuanmu, audiens menjadi pasif dan di saat sesi pertanyaan tidak ada yang mau bertanya.

Sampaikan Materi Secara Komprehensif

Untuk memantik teman-teman agar aktif dalam diskusi, sampaikan materi presentasimu dengan komprehensif. Hal ini dilakukan agar audiens memahami apa yang kamu sampaikan, di sisi lain juga menimbulkan pertanyaan bagi audiens kepada hal-hal yang tidak dibahas namun relevan.

Jawab Pertanyaan Audiens Dengan Baik

Untuk memberi rasa puas terhadap audiens yang bertanya mengenai hal yang berkaitan dengan materi yang kamu sampaikan, kamu perlu menjawabnya dengan baik, di sisi lain secara keilmuan juga benar. Jangan hanya mengandalkan logika, karena dalam dunia akademis ada referensi agar sebuah ilmu pengetahuan secara empiris dan observatif menjadi valid. Berikan yang terbaik agar tidak hanya mahasiswa (penanya) yang merasa puas, melainkan juga dosen, sehingga bisa menjadi nilai plus buat kamu dan kelompokmu.

Baca Pengertian Ilmu Politik di Sini

Terus Berlatih dan Evaluasi

Tidak ada hal yang sempurna tanpa dibiasakan. Jadi, apapun presentasinya, lakukan hal-hal di atas dan jangan melupakan evaluasi, agar ke depannya presentasimu semakin membaik dan menarik.


Mungkin untuk Tips Presentasi Menarik Bagi Mahasiswa Baru cukup itu. Terus yakinkan dirimu bahwa dirimu bisa dan teruslah membiasakan diri. Hal-hal di atas tidak hanya dapat diaplikasikan pada presentasi mata kuliah saja, apapun presentasinya lakukanlah dan biasakan diri kamu. Semoga dapat memberi manfaat kepada rekan-rekan sekalian. Jika menurut kamu ini sangat bermanfaat, dan juga untuk orang lain, jangan lupa untuk mengirim artikel ini ke banyak orang. Terimakasih.

Artikel relevan: Tips Presentasi Makalah/Tugas Yang Baik Untuk Mahasiswa


0 Response to "9 Tips Presentasi Menarik dan Baik Bagi Mahasiswa Baru"